Rabu, 17 April 2013

Proses Penularan Penyakit Toxoplasmosis




Siapa yang tidak kenal hewan yang paling lucu dan menggemaskan ini. Hampir setiap rumah akan dipastikan mempunyai kucing. Banyak manfaat memelihara kucing. Bisa menghindari adanya tikus dan hewan-hewan lainnya. Kucing merupakan predator yang mampu untuk memakan hewan lainnya dalam jumlah banyak. Namun dibalik semua itu, hewan yang satu ini pun dapat membahayakan kesehatan apalagi bagi kesuburan wanita. Wanita yang mempunyai kekebalan tubuh kurang baik akan rentan mendapatkan penyakit toxoplasmosis.Toxoplasmosis merupakan sejenis parasit yang hidup di usus kucing. Maka parasitnya berpotensi menular lewat kotoran.

Toxoplasmosis merupakan salah satu penyakit zoonosis (penyakit yang bisa menular antara hewan dan manusia). Hanya kucing tertular yang membawa penyakit ini. Tidak semua kucing berbahaya, tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya itu sendiri. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa yang bernama toxoplasma gondii, jadi bukan oleh virus. Protozoa atau toxoplasma ini dalam usus kucing berkembang biak secara seksual, sehingga menghasilkan telur dan akan keluar bersama tinja. Pada hewan lain selain kucing, toxoplasma berada di dalam darah, air ludah, sperma dan cairan tubuh lainnya berkembang biak dengan pembelahan sel. Jadi tidak menghasilkan telur, namun menghasilkan tropozit yang akan bergerombol membentuk kiste toxoplasma. Kista ini berada di jaringan tubuh seperti otak, mata, jantung, otot, alat pencernaan dan alat pernafasan. 

Berhati-hatilah terhadap tinja kucing yang bisa menyebar dimana saja, pekarang rumah, atau di belakang rumah. Sediakan tempat khusus untuk buar air besar maupun kecil untuk kucing. Parasit juga terdapat pada mulut, bulu dan wadah bekas makan kucing. Jangan sampai wadah bekas makan kucing disimpan sembarangan, setelah digunakan, cuci wadah tersebut untuk menjaga kesehatan sang kucing. Bersihkan kucing setidaknya sekali dalam seminggu. Hal ini bisa menghindari penyebaran virus atau parasit yang membahayakan tubuh kucing dan bisa menular ke manusia. Bagi anda yang mempunyai kekebalan tubuh kurang baik, anda bisa mengkonsumsi makanan atau multivitamin yang menunjang kekebalan dan kesuburan anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar