Rabu, 17 April 2013

Gigi Sehat Berpengaruh Pada Kesuburan



Kesuburan wanita merupakan salah satu faktor penentu kehamilan. Penelitian terbaru ternyata mengatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut bisa mempengaruhi kesuburan dan proses pembuahan. Penyakit gusi atau penyakit priodontal kronis terjadi akibat penumpukan plak. Kondisi ini memicu timbulnya ratusan bakteri pemicu infeksi. Bakteri-bakteri inilah yang rentan menyebar melalui pembuluh darah ke tubuh. Ketika lama dibiarkan, akan terjadi kerusakan pada organ tubuh dan organ reproduksi.


Perbedaan bisa dilihat dari wanita yang setelah hamil dengan kondisi gigi kurang sehat akan lama mendapatkan kehamilan, rentang waktu sekitar 7-8 bulan. Berbeda dengan wanita yang baru hamil dengan kondisi gigi yang sehat, rentan waktu kehamilan hanya 2 bulan setelah nikah. Kesehatan gigi tidak hanya untuk wanita agar kesuburan tetap terjaga. Namun bagi pria pun sangat diperlukan mempunyai gigi yang sehat. Jika pria mempunyai gangguan pada gigi dan mulut akan memicu adanya bacteriosperma atau bakteri yang terdapat pada sperma. Sedangkan faktor utama dalam suksesnya kehamilan yaitu sperma yang sehat.

Pendidikan mengenai kesehatan gigi perlu diterapkan sejak dini untuk mempersiapkan ke depannya. Sehingga jika anda merencanakan pernikahan anda sudah siap dalam segala hal. Rajin lah untuk membersihkan area mulut dan gigi. Rutin untuk memeriksakan ke dokter agar tidak terjadinya penumpukan plak yang berlebih pada gigi. Hindari makanan dan minuman yang berpengaruh pada kesehatan gigi. Kurangi merokok dan kopi. Zat yang terdapat pada kopi dan rokok bisa merusak email gigi sehingga rentan terhadap berbagai kerusakan pada gigi.

Sekarang anda sudah paham kan pentingnya merawat gigi demi kesuburan anda. Mulai dari sekarang, rawatlah gigi anda dan pasangan anda agar tetap terjaga kesuburannya. . Imbangi dengan mengkonsumsi suplemen untuk menjaga kekebalan dan meningkatkan kesuburan anda. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar